Oleh: Jack Fadli | Juni 13, 2009

PARDEDE JABI-JABI


Panggilan “Pardede Jabi-jabi”, diperuntukkan kepada Pardede keturunan Raja Toga Laut, yang akhir-akhir ini sering dipanggil atau disebut “Pardede Hauma bange”, yang sebenarnya adalah Pardede Jabi-jabi, karena asal muasal dari Pardede tersebut adalah berasal (berkampung) di Komplek Museum dan Tugu Jenderal Panjaitan sekarang. dan di belakang Museum ada sebuah Sumur, yang dahulunya adalah sebuah Mata air yang sangat jernih dan sumber air dan mandi dari orang-orang penghuni kampung dan sekitarnya, yang disebut “Mual Jabi-jabi”. Menurut cerita orang tua dahulu Mual jabi-jabi juga dipergunakan untuk maranggir (mandi sakral) raja-raja, dan Sisingamangaraja XII pernah maranggir dimual jabi-jabi tersebut, dan Mual jabi-jabi itu hingga sekarang masih ada , hanya sayang sangat kurang terawat, siapa yang disalahkan keberadaan pompa dan PAM (teknologi atau orang batak umumnya/Pardbatuk_rumah%20adatede khususnya yang sudah memiliki keyakinan agama samawi dan menghindari kesirikan/ sipelebegu), konon ceritanya Mual jabi-jabi tersebut sejak Raja Bonani Onan Pardede (cikal bakal Pardede) sudah ada dan sangat disakralkan

Pada zaman Belanda berkuasa penghuni Kampung tersebut dipindahkan ke Hauma bange dengan alasan Pemerintah Belanda membutuhkan lokasi markas besar di Balige. Sebenarnya itu hanya alasan semata, sedang yang sebenarnya adalah untuk melemahkan perlawanan Guru Somalaing Pardede yang kebetulan berasal dari Kampung itu dan Perjuangan Guru Somalaing Pardede selalu mendapat dukungan baik morel maupun material dari saudara-saudaranya penghuni kampung tersebut . Sekarang Lokasi tersebut tepatnya dilapang tennis sedang dibangun Tugu Raja Toga Laut Pardede. Yang mudah-mudahan dalam waktu dekat ini dapat diresmikan.
Himbauan:

Kepada Semua keturunan Raja Toga Laut Pardede, diseluruh Dunia. agar memberi sumbangsih dan perhatiannya terhadap pembangunan TUGU tersebut.Dan dapt menghubungi panitia melalui e’mail :

  • togalaut@hotmail
  • pardedeth@yahoo.com
  • togapard@yahoo.com

Mauliate -Horass!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: